Friday 7 September 2012

Pembuatan Sarang Buatan Untuk Semut Kroto (Rang Rang)

Sobat tau semut rangrang atau ngangkrang atau juga semut kroto, semut penghasil kroto itu lho, yang menjadi primadona di tahun 2012. Semut rangrang membangun sarang dengan melipat dan merajut daun-daun menggunakan benang sutera yang dihasilkan oleh larvanya.

Semut membangun sarang dengan cara bergotong royong. Meskipun semut binatang kecil, mereka dapat membuat sarang sebesar istana manusia dalam waktu tiga hari ingat... tiga hari ya, karena semua bekerja dari matahari terbit sampai matahari terbenam. Mereka tidak mengenal saling iri satu sama lain seperti manusia di perumahan, Sungguh menakjubkan ya!

Prajurit semut menarik daun-daun secara bersama-sama, sementara semut lainnya merajut daun-daun tersebut dari dalam. Mereka merajut tanpa menggunakan jarum dan benang apalagi mesin jahit, tetapi menggunakan larva dan giginya sebagai pemintal benang. Larva semut menghasilkan benang-benang sutera halus untuk merajut daun. Maka dari itu, semut prajurit selalu membawa larva dan menggosok-gosokannya ketika merajut daun. Larva tersebut dianggap sebagai ‘mesin jahit’.

Bayangkan, daun-daun menggunakan benang sutera yang dihasilkan oleh larvanya. Berapa banyak waktu yang mereka butuhkan untuk mondar-mandir sampai menghasilkan jaring-jaring sutera yang kuat.

Membangun sarang memerlukan sangat banyak tenaga kerja, tetapi mereka telah mempunyai keahlian dalam menemukan daun-daun yang paling cocok untuk membangun sarang. Apabila daun-daunnya sangat kecil seperti sengon maka diperlukan lebih banyak benang sutera.

Semut-semut pekerja yang lincah tidak hanya membangun sarang, tetapi mereka juga memperbaiki apabila sarang itu rusak. Untuk membuktikannya, coba angkat sedikit saja daun pada sarangnya, maka anda akan melihat bahwa mereka dapat dengan cepat memperbaikinya.

Jumlah semut dalam satu sarang bervariasi, rata-rata antara 5000 sampai 7000 individu, dan dalam satu koloni terdapat sekitar 700,000 semut dewasa, tapi ini hanya kira-kira lho. Tapi kalau mau membuktikan silahkan aja cari sarang semut rangrang terus itung deh tu semut atu-atu.hehehe :-)

Koloni semut merupakan keluarga besar yang mungkin terdiri dari bapak, ibu, tante, pakde, bude, bulek, cucu, cicit, cecet dengan beberapa sarang dan indvidu yang saling mengenal dan bekerja sama secara erat pada suatu daerah tertentu.

Banyaknya sarang yang ditemukan dalam satu koloni dipengaruhi oleh beberapa faktor misalnya ketersediaan makanan dan tingkat gangguan yang terjadi. Satu koloni dapat mencapai 200 sarang. Sarang-sarang tersebut dapat tersebar pada lebih dari 17 pohon, atau pada luasan lebih 1000 m2.

Adopsi di dalam penangkaran rumahan

Perilaku semut rangrang dalam pembuatan sarang mereka di alam harus dipahami karena hal ini akan menjadi pemahaman dasar bagi calon penangkar semut rangrang untuk membuat pembibitan semut rangrang rumahan.

Melalui pemahaman dan satu hati antara semut dan penangkar, penangkar semut rangrang rumahan akan bisa memperkirakan bahan apa saja yang kira-kira bisa digunakan untuk membuat sarang alternatif yang nyaman pengganti daun bagi tumbuh kembang kawanan semut.

Namun berdasar pengalaman dan praktek yang telah saya lakukan sendiri, pembibitan bukan  masalah susah. Dengan kerja keras, mencoba dan berdo'a, InsyaAllah bisa dengan mudah membuat bibit sendiri untuk dikembangkan sebagai kawanan indukan atau langsung akan diambil ketika masih dalam bentuk kroto untuk penggunaan praktis sehari-hari.

Namun jika anda memerlukan bibit semut yang sudah bisa beradaptasi dengan rumah rekayasa seperti toples plastik, kaca dll, saya juga bisa menyediakannya.

Untuk penangkaran agar semut rangrang bersedia tinggal di rumah rekayasa yang anda sediakan anda harus banyak-banyak berdo'a saja supaya si semut rangrang berbaik hati mau tinggal di perumahan yang anda sediakan.

Tapi yang jelas budidaya semut rangrang bisa di sebut usaha tanpa modal besar atau malah tanpa modal sama sekali.

Tapi jika sobat ingin cepat mengetahui rahasia di balik 


- Penangkaransemut rangrang

- Cara Pemanenan
- Makanan dan minuman pemacu pembuat sarang baru
- Makanan dan minuman agar semut banyak bertelur

sobat bisa belajar langsung ke penulis.

3 comments:

  1. Bisa untuk pekerjaan pokok juga mas,,,

    ReplyDelete
  2. Bt mas arsyad saya mau tanya kebetulan saya nangkarin kranggang uda 2,5 bln n alhmdllh dr awal 15toples u-sosis skrng da kmbng jd 29 tpls.n skrng ni mncul byk bgt semut pjantan.pertnyaan saya apakh tu wajar ato ada ksalahan ttng cr tangkar,pemberian pakan+ minum ato gmn mengingat saya dr blok panjenengan ini.mohon pencerahan mas arsyad

    ReplyDelete